04/12/17

Road to Healthier Life #week1

Senin 27 Nopember
Alhamdulillah kekuatan dari Allah membuatku mulai menjalankan pola makan food combining hari ini.

Bangun pagi sedikit terlambat, dengan kondisi punggung yang terasa berat dan pegal seperti biasa. Niat puasa ngga terlaksana. Mengawali aktivitas Si Perut hari itu dengan secangkir lemon peras hangat. Setelah minum air putih,  mulai mengkonsumsi buah.

Belanja hari ini menghabiskan 130.000 rupiah untuk sayur, lauk, dan buah. Plus makanan buat Uki dan Miku. Seneng banget, warung sayur langganan menyediakan macam-macam sayur. Selain sayur pada umumnya, sedia juga sayur yang biasa dipakai untuk salad. Ada letus, kol ungu, bit, timun jepang, zukini. Waw... Mulai deh cuci-cuci sayur untuk persiapan jus, salad, dan sayur matang hari itu.

Sholat dhuha terlewat karena terlalu asyik bebersih rumah dan halaman sepanjang pagi.

Siangnya alhamdulillaah bisa konsumsi salad dan jus. Makan siang adalah menu karbo, yaitu 1/4 piring nasi (atau karbohidrat lainnya, diutamakan yg berserat tinggi seperti beras merah), 3/4 sayur, dan protein hewani (tempe, tahu, jamur, kacang merah, dsb). Niatnya, untuk satu bulan ini menjauh dulu dari aneka protein hewani.

Sorenya menikmati alpokat, teh jahe, dan jus sayur. Malamnya kembali menikmati menu karbo dan bikin jus sayur untuk diminum berdua dengan si Ayah.

Cheating hari ini: 1 pcs kue ku isi unti jagung. No gluten, no gorengan.
Alhamdulillah

Selasa, 28 Nopember
Niat puasa sunnah hari ini. Puasa mutlaq ya istilahnya. Puasa sunnah tanpa ada ketentuan hari. Ketika merasa ingin berpuasa karena Allah, maka puasalah.

Alhamdulillah dimudahkan bangun jam 3 karena Hanan mau buang air kecil. Sebenernya punggung masih terasa berat dan pegel. Tapi karena kekuatan dari Allah, bisa dikalahkan. Untuk sahur, aku konsumsi pisang 3 buah plus air putih 2 gelas untuk sahur. Bismillah niat puasa.

Badan yang pegel kucoba atasi dengan stretching 15 menit. Alhamdulillah bisa berkurang signifikan.

Setelah Dhuhur, badan mulai lemes, ngantuk. Mungkin karena lama ngga puasa, tubuh sedang beradaptasi. Setelah jemput Zafir, dipaksa nemenin Hanan mandi. Sekalianlah mulai siapin segala macam sayur untuk jus dan teman makan malam setelah berbuka, walau dengan tubuh bersender karena lemes.

Berbuka dengan air putih, lalu kurma,  dan buah. Setelah sholat maghrib, menikmati makan malam dengan menu karbo. Dan mengakhiri hari itu dengan jus sayur.

Cheating hari ini: pancake pisang tanpa terigu pas berbuka. Huhuhu. Niatnya, bikinin cemilan non gluten buat anak, tapi ngga ada yang doyan. Cuma berkurang setengah. Bahannya cuma pisang diblender dan dicampur telur kocok. Sebenernya sih, no gluten, no sugar, no gorengan. Tapi itu pisang,  dimasak, dicampur protein. Haisss....

Rabu, 29 Nopember
Alhamdulillah bisa bangun sepertiga malam lagi. Daan... Ngga ada sakit punggung! Tetap memulai aktivitas Si Perut dengan konsumsi lemon peras + secangkir air hangat.

Bahagia hari ini, bisa menyiapkan bekal maksi ayah dengan tambahan sayur segar letus dan kol ungu. Hari ini juga Zafir kuajak stretching karena dia mengeluh badan dan punggungnya pegal. Dan memang setelah melakukan stretching katanya lumayan berkurang.

Sarapan buah, snack buah pagi, jus sayur 3 gelas, salad buah, kudapan alpokat, teh herbal, menu karbo untuk siang dan malam.... Alhamdulillah lancar.

Cheating hari ini : ubi madu. No gluten, no gorengan (kecuali tahu goreng hehe), no gula.

Kamis, 30 Nopember
Alhamdulillah, again... , no back pain! Badan seger, hati seger. Hari ini sahur lagi dengan lemper, air putih, sarapan buah naga dan pisang.

Untuk bekal Ayah, kubawain lagi sayur segar untuk salad. Buka puasa makan mangga, kurma. Lalu menu karbo. Minum jus sayur tidak lupa.

Cheating hari ini, umm... Apa ya lupa.

Jumat, 1 Desember
Bangun sepertiga malam, minum lemper hangat dulu. Bikin smoothy mangga buat anak-anak, potong2 buah untuk sendiri. Ada mangga buah naga, pisang.

Siang menu karbo, plus salad. Lagi makan siang, eh, pas kedatengan tamu, alhamdulillah. Kusajikan menu ayam goreng 6 pcs dan 4 porsi kupat tahu. Ternyata si Ayah baru pulang dari Decathlon, juga bawa oleh-oleh ketoprak 4 porsi.

Tamunya makannya ngga banyak, jadi makanan alhamdulillaah turah-turah. Ngasih ke tetangga udah, ke marbot di musholla juga udah. Tapi masih ada 1 bungkus ketoprak dan 2 porsi kupat tahu. Akhirnya jam duaan, ngemil ketoprak tanpa lontong ((NGEMIIIL)). Tau kaan isian ketoprak?  Bihun, tahu, toge. Habis... Daripada mubazir.... #eh.

Sorenya ngemil  jus sayur 2-3 gelas. Ngga punya alpokat, dan ngga keburu bikin teh herbal. Makan malam menu karbo as usual.

Cheating hari ini, ketoprak. (Ya ampun).

😑

Sabtu, 2 Desember
Alhamdulillah, tubuh terpola untuk bangun jam 3an.

Bangun tidur tetap yang pertama adalah lemper hangat. Dilanjut konsumsi air putih beberapa gelas. Makan buah mangga, pepaya, pisang. Alhamdulillah nikmat.

Jam 11 mulai lapar. Mulai racik-racik sayur mentah untuk salad, pakai saus dressing yang dibikin kemarin. Lalu makan menu kupat tahu yang disimpan di kulkas kemarin. Panasin kuahnya supaya seger dan nikmat. Kupat tahu isiannya selain ketupat dan tahu tentu saja, ada kobis dan toge segar, kacang tanah, dan bakwan. Aku sisihkan bakwannya. Sayang kuahnya manis gula merah seperti kuah tahu gejrot. Setelah itu kookkk... makan lemet (ketimus), hikss... 

Nah, siangnya berasa lemes tidak bersemangat. Entah karena apa. Mungkin ya, karena makan kuah kupat sayur dan lemet itu. Langsung bikin jus sayur untuk 2 gelas, teh herbal, dan makan alpokat.

Alhamdulillah badan lebih segar. Malamnya makan menu karbo tapi lupa minum jus buah.

Cheating hari itu, makan pakai kuah gula merah, dilanjut makan ketimus. Oh iyaa, siang itu nyomot gereh balado. Enak banget ngga terasa udah ngambil berapa pcs. Hiikkkss... Pantes lah ya... Lemes. Tapi tetap bersyukur, karena tetap bisa konsisten mengasup salad dan jus sayur, serta menghindar dari gluten. Semua karena kekuatan dari Allah. Semoga bisa istiqomah.

Minggu, 3 Desember
Hari ini cukup lancar. Lemper hangat ketika bangun tidur, minum air putih kurang lebih 8 gelas, sarapan buah di pagi hari, makan siang dengan menu karbo, jus buah (hari ini cuma 2x, siang dan malam), kudapan sore minus jus buah.

Kurang idealnya... Tadi sempat ngemil brokoli goreng, dan nyicip sekitar 1 sdm Thai tea. Bismillah, semoga Allah paring sehat. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Hari-hari Bersama OAT

Sudah sejak bulan Mei aku akrab dengan OAT alias obat anti tuberkulosis. Sejak Fariha divonis positif TB, rutinitas bertambah setiap pagi. S...