15/12/17

Grab Your Imagination #9


Di suatu desa di daerah perbukitan, ada daerah yang sangat kering. Penduduk desa itu sulit mendapatkan air karena air tidak terserap sempurna ke dalam tanah. Penduduk desa itu mencari nafkah dari bertanam pohon cengkih. Hasil dari bertanam cengkih memang menguntungkan. Tapi pohon cengkih tidak membantu menyerap air dengan sempurna.

Di antara penduduk desa itu, ada seorang bapak bernama Pak Pardi. Pak Pardi tentu merasakan kekeringan di desa itu. Merasakan sulitnya mendapatkan air yang cukup. Pak Pardi lalu mendapati penyebab kenapa desanya sulit teraliri air. Pak Pardi menemukan solusi untuk mengatasi kekeringan di desanya. Dengan penghasilannya dari bertani, dibelinya ratusan bibit pohon banyan. Pohon banyan ini mampu menyimpan cadangan air tanah. 

Ditanamnya bibit-bibit pohon itu di perbukitan. Orang-orang di desanya mencemooh apa yang dilakukan pak Pardi. Pak Pardi dianggap rugi karena menanam pohon yang tidak memberikan penghasilan.

Tahun demi tahun berganti. Puluhan tahun sudah terlewati. Desa yang tadinya sulit mendapatkan air, kini berbahagia dengan berlimpahnya air yang tersedia di desa mereka. Ternyata, keberadaan pohon banyan memperbaiki kondisi desa mereka. Penduduk desa yang semula meremehkan usaha Pak Pardi, kini berbalik mengapresiasi dan berterima kasih atas pengorbanan dan kerja keras Pak Pardi. Pak Pardi telah menyelamatkan desa itu dari kekeringan dan kelaparan.

Pesan moralnya: 
1. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dibutuhkan usaha dan perjuangan, 
2. Jangan pantang menyerah melakukan sesuatu yang positif selama kita sdh memiliki ilmu dan keyakinan terhadap apa yang dilakukannya adalah benar.
3. Jangan mementingkan diri sendiri, tapi berbuatlah sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang 




Tidak ada komentar:

Hari-hari Bersama OAT

Sudah sejak bulan Mei aku akrab dengan OAT alias obat anti tuberkulosis. Sejak Fariha divonis positif TB, rutinitas bertambah setiap pagi. S...