21/06/17

Literacy Challenge Day #7

 Membaca dari Eksperimen

Si Sulung, Zhafi, mulai bosan liburan ini. Ngajakin pergi ke tempat wisata macam Jungleland dan sejenisnya. Lalu kami beri pengertian tentang keistimewaan bulan Ramadhan, dan bagaimana kita seharusnya mengisi dan memanfaatkannya. Apa kerugian kalau kita ngga memanfaatkan sebaik mungkin kehadiran bulan Ramadhan ini.
Masih dengan wajah manyun, dia mengeluh bosen. Ibu nawarin ide  untuk coba i'tikaf. Karena kami sekeluarga memang belum pernah. Selain itu, untuk mengisi waktu, bisa cari video yang berisi membuat kreasi apa saja, dari bahan bekas.
Tampaknya, Zhafir mulai tertarik dengan ide itu. Siangnya, dia mulai buka-buka video tutorial. Sampai aku ketiduran dan bangun lagi dia masih nonton video. Ibu sempat curiga, jangan-jangan video Boboiboy lagi yang ditonton :D. Oh... Ternyata dia nonton sambil mencatat sesuatu. Ketika ditanya, nyatet apa itu?
Jawabnya, "Ini bahan-bahan yang dibutuhin. Mau bikin perahu uap sama perahu remote control."
Yakali, Ibunya ngga kepikiran juga kalau bakalan harus cariin bahan-bahan berupa komponen alat-alat listrik, macem motor, rechargeable battery, dan sebagainya. Dikira, cuma butuh kardus bekas, botol plastik bekas, dan bekas-bekas lainnya. Seperti yang biasanya dia pernah bikin.
Ternyata Zhafir juga bosenlah dengan kreasi macam gitu. Tampaknya butuh tantangan baru.
Untuk kreasi perahu uap, bahan-bahannya sebagian besar ada di rumah. Ngga lama kemudian, dia sudah asyik gunting tempel dan rakit kardus, styrofoam, dan plastik. Jadilah body perahu.
Untuk jadi kapal uap yang bisa berjalan di air, butuh bahan-bahan yang harus beli dulu. Terpaksa harus ditunda karena tidak ada kendaraan yang bisa dipakai. Mobil habis ketabrak dan bumpernya miring, sementara motor kuncinya hilang (ehhm). #curcol
Terkait dengan tantangan 10 hari membaca buku, kegiatan di atas memang ngga secara langsung terlihat sebagai aktivitas literasi. Tapi, dengan dia mengamati video tutorial, menuliskan bahan-bahan yang dibutuhkan, membuat Zhafir pun 'membaca'. Membaca dari pengalaman ketika mencoba sesuatu dengan ini tidak berhasil, lalu ternyata dengan itu berhasil. Dan membaca fenomena fisika tentang bagaimana benda bisa mengapung di air, atau bagaimana kapal bergerak.
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunSayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst
#day7
-Senin, 19 Juni 2017-

Tidak ada komentar:

Think Creative! #6

Day 6 Pagi ini, Ibuk sudah siapkan sarapan berupa nasi putih, lengkap dengan lauk dan sayur. Tetiba, Adik Hanan keluar dari kamar, minta d...