25/02/17

Menumbuhkan Kemandirian Sikap


#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
#day2

Mas Zhafir, 10 tahun, akan berangkat camping bersama sekolahnya. Dalam hal packing kebutuhannya, dia sudah bisa mandiri. Dia juga bisa diandalkan untuk bertanggung jawab terhadap barang-barang miliknya.

Sebenarnya, Zhafir sudah pernah mencuci baju sendiri, menjemur, dan menyetrika. Tapi masih sulit memintanya melakukan secara rutin. Paling memungkinkan adalah seminggu sekali.

Keterampilan yang sifatnya praktis sudah bisa dilakukannya. Konsistensinya yang perlu ditumbuhkan. Kemandirian dalam bersikap dan mengendalikan emosi juga perlu ditumbuhkan.

Jadi harapannya, Zhafir bisa tumbuh kesadarannya untuk konsisten.

Hari ini Zhafir tanpa dipinta sudah menyeterika pakaiannya sendiri. Karena jarang menyeterika, hasilnya masih kurang rapi. Tapi apapun hasilnya, itu adalah hal yang saya apresiasi. Sesekali dia mengeluh, hasil setrikanya kurang rapi. Saya sampaikan, menyeterika itu juga salah sati keterampilan. Perlu belajar dan melakukannya rutin untuk bisa serapi yang kita inginkan.

0 komentar:

Cari Blog Ini

Google+ Followers

 

Life Of A Mom and A Wife Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez