23/02/17

Hari Ke 1 Berlatih Mandiri


#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
Mengajarkan kemandirian untuk anak anak memang butuh ketelatenan dan rasa tega.
Hanan di usianya yang menginjak 6,5 tahun, sudah bisa:
1. Makan sendiri, dari mulai mengambil piring dan gelas, lalu menaruh makanan di piring, menggunakan sendok atau tangan, makan dan tidak menyisakan makanan di piring, sampai menaruhnya di tempat cuci piring.
2. Buang air kecil sendiri di rumah. Kalau di tempat umum belum benar benar dilatih. Karena kalau di tempat umum, ibunya masih belum tega.
3. Merapikan mainanannya sendiri. Tapi ini pun sebetulnya masih kadi pekerjaan rumah. Saya masih harus tarik urat untuk meminta Hanan membereskan mainannya. Karena sering kali dia kekeuh menolak.
Ada beberapa poin latihan kemandirian yang ingin dilatihkan ke Hanan:
1. Mandi sendiri. Dari mulai melepas baju kaos/kemeja berkancing, celana (ini sudah bisa), mengguyur air ke badan, menyabuni dan menggosok, membilas tubuh, dan mengeringkan tubuh dengan handuk. Termasuk juga melatih adab-adab di kamar mandi, dam doa doanya.
2. Melatih BAK mandiri di tempat umum. Melepas celana tanpa terkena lantai, menggunakan air di kamar mandi umum (terkait higinitas), termasuk juga doa dan adabnya
3. Membereskan mainannya secara mandiri tanpa diingatkan atau diinstruksikan.
4. Melatih BAB mandiri. Seperti BAK, plus membersihkan dubur dengan sabun.
Ini hari pertama Hanan berlatih mandi sendiri.
Alhamdulillah, Hanan pun sepertinya memang siap untuk melakukannya. Dia sudah bisa melepaskan baju kemeja berkancing dengan sedikit sekali bantuan. Hanan sedikit kesulitan melepas kancing paling atas yang dekat leher.
Untuk adab dan doa, masih terus diingatkan.
Untuk menyabuni dan menggosok tubuh sudah berusaha dilakukan sendiri. Hanya sedikit bantuan di bagian punggung dan leher.
Ketika mengeringkan tubuh masih perlu banyak arahan.
Semangat terus yaa Hanan. Yes, You Can. Yes, We Can!

0 komentar:

Cari Blog Ini

Google+ Followers

 

Life Of A Mom and A Wife Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez