22/10/16

Nice HomeWork #1, Done


Saya beruntung tergabung di grup ibu-ibu hebat Institut Ibu Profesional.
Kali ini saya sedang mengikuti perkuliahan singkat yang diselenggarakan oleh IIP, yaitu program Matrikulasi IIP, yang tujuannya untuk meningkatkan ilmu dan keterampilan sebagai ibu agar menjadi ibu yang profesional. Karena menjadi seorang ibu itu adalah tugas besar dan menbutuhkan ilmu.
Tentunya saya masih jauh dari sosok ibu yang profesional. Tapi semoga langkah-langkah kecil yang saya lakukan, ikhtiar saya ini yang in syaa Allah tidak akan berhenti, bisa menjadi pemberat timbangan amal saya kelak. Aamiinn.
Perkuliahan sesi pertama sudah dimulai. Ada tugas yang harus dikerjakan setelah mengikuti setiap sesinya. Tugas atau yang di sini dinamakan nice homework pada sesi pertama ini adalah menjawab 4 pertanyaan yang saya tuliskan dengan cetak tebal miring di bawah ini. Dan jawaban dari masing-masing pertanyaan sudah saya tuliskan.
1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
Ilmu yang akan saya tekuni dalam universitas kehidupan ini adalah ilmu parenting.
2.Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.
Saya memandang Ilmu parenting, khususnya yang sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, adalah ilmu yang tidak hanya bicara mengenai mendidik anak dalam arti sempit, yaitu bersikap terhadap anak. Namun, bagaimana menjadi pribadi yang shalih yang akan menjadi teladan bagi anak. Karena tujuan kami adalah melahirkan dan membentuk keturunan yang shalih dan shalihah.
Bagaimana bersikap sebagai manusia dengan banyak peran yang dimilikinya, sebagai ibu/ayah, sebagai istri/suami, sebagai anak, dan sebagai hamba Allah. Bagaimana kami sebagai orangtua, -khususnya saya sebagai ibu- menjalankan peran-peran itulah yang akan diteladani anak. Dan untuk bisa menjadi teladan yang benar, selayaknya kita meneladani sosok yang layak, yaitu Nabi Muhammad Saw.
Kami sebagai orangtua mengharapkan memiliki keluarga dengan akidah yang kuat dan memperoleh  keturunan yang shalih/shalihah, sebagaimana yang dimiliki Nabi SAW.
Sehingga meneladani Nabi SAW dalam setiap aspek kehidupan adalah ikhtiar kami sebagai orangtua dalam mendidik anak. Untuk menjadi teladan bagi mereka.
3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
a. Menghadiri kajian ilmu al quran dan hadits, untuk memperdalam ilmu agama sebagai landasan penting dalam mendidik anak
b. Memperbanyak membaca literatur dan menghadiri kajian parenting, terutama parenting nabawiyah.
c. Mempelajari hadits-hadits dan siroh nabawi, untuk mendapatkan gambaran bagaimana keseharian Nabi SAW, dengan bimbingan guru yang kompeten.
d. Lebih disiplin dan konsisten menjalankan kewajiban dan sunnah sebagai muslim, dan meninggalkan larangan Allah SWT. Misal sholat tepat waktu, menjalankan rukun Islam, memperbanyak dan merutinkan ibadah-ibadah sunnah.
e. Menjalin komunikasi yang produktif dengan suami supaya bisa berjalan sinergis menjalani peran sebagai orangtua.
f. Disiplin dan konsisten untuk menyegerakan beramal sholih setelah memiliki ilmunya yang sesuai tuntunan Al Quran dan Hadits. Karena ilmu menjadi berkah jika bermanfaat untuk orang di sekitar.
4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.
a. Bersikap ikhlas dan mau membersihkan jiwa dari pikiran buruk,
b. Bersikap rendah hati dalam menerima ilmu,
c. Mencari guru/mentor/pembimbing yang kompeten dalam mendalami ilmu parenting,
d.  Meningkatkan sikap disiplin dan istiqomah untuk terus belajar, lalu mengikat ilmu dengan menuliskan resumenya dan mengamalkannya.
Semoga diteguhkan hati ini untuk terus melakukan yang terbaik.

0 komentar:

Cari Blog Ini

Google+ Followers

 

Life Of A Mom and A Wife Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez