13/08/12

Hari Pertama di TK Tunas Rabbani


Hari pertama di TK Tunas Rabbani...
Waktu masuk...ada masa orientasi siswa (MOS). Tadinya Mas Zhafi ga mau tuh masuk sekolah. Sampai di sana pun, Mas Zhafi ngambek, ga mau ikut gabung awalnya. Meskipun udah dibujuk-bujuk, dan Ibu juga sedikit marah :(. Tapi...Bunda Guru ngasih permainan-permainan yang menarik...dan akhirnya Mas Zhafi mau gabung. Waktu pulang,  Ibu tanya...gimana sekolah nya? Zhafi seneng ngga? Ya seneng sih sedikit :). Alhamdulillah...paling tidak Mas Zhafi udah mulai menikmati.

Besoknya, waktu  Ibu antar sekolah sama ayahnya, Ibu bermaksud mau nungguin Mas Zhafi di sekolah. Tapi ternyata, anak-anak lain udah pada ditinggal sama ortunya. Mas Zhafi pun Ibu ajak untuk main ayunan, kebetulan ada teman yang kemarin main sama Mas Zhafi. Mereka berdua keliatan akrab :). Ibu pikir, ga ada salahnya nih coba untuk ninggalin Mas Zhafi. Dan waktu Ibu tanya Mas Zhafi, apa bisa ibu tinggal Mas Zhafi di sini, ibu mau pulang dulu. Mas Zhafi jawab, hmmm ya udah gapapa...subhanallahh.... kaget juga dengernya, sekaligus senang. Tapi ada rasa kecewa juga, karena pengen nungguin Mas Zhafi dan melihat aktivitas Mas Zhafi di sekolah. Tapi...Mas Zhafi sendiri udah mau ditinggal, Ibu punya alasan apa hihi ...

Dan...sejak saat itu, Ibu cuma antar dan jemput Zhafi sekolah, jadi Ibu bisa pulang dulu, belanja, kadang masak, ngerjain pe-er-pe-er, dan yang pasti sih....momong anak lanang Ibu yang bungsu, Hanan.

Berjalan 2 minggu, mulai kelihatan beberapa perubahan positif dari Mas Zhafi. Yang pasti Mas Zhafi lebih mau dan bisa bercerita tentang apa aja kegiatan di sekolah, dan...tata bicaranya lebih runut. Subhanallah...:). Waktu Mas Zhafi marah, Mas Zhafi pun bisa mengungkapkan apa yang bikin Mas Zhafi  marah itu dengan emosi yang lebih terkontrol dan bahasa yang runut.

Hal positif lainnya.. Mas Zhafi juga lebih banyak mengungkapkan ketidaktahuan dengan bertanya. Suatu waktu, Ibu dan Mas Zhafi berdua lagi duduk-duduk sambil ngeliat bendera yang dipasang di halaman rumah. Mas Zhafi tanya, bu kenapa kita pasang bendera? Bendera itu buat apa sih? Akhirnya kita berdua diskusi deh soal bendera. Trus suatu kali, Mas Zhafi pulang bawa kotak amal untuk dicelengin di rumah, diserahkan setiap 2 bulan sekali. Mas Zhafi tanya...zakat itu apa bu? Ini nanti diisi trus uangnya buat dikasih ya? Ke siapa? Mulai deh diskusi soal memberi, orang tidak mampu, orang miskin, dan kenapa kita harus memberi ke mereka.

Tapi di sisi lain, kesukaannya menggambar berkurang. Kalaupun Mas Zhafi menggambar, ngga sedetil biasanya, lebih 'polos'. Ya...semoga ini proses aja, Ibu akan coba untuk tetep menyalurkan ekspresi seninya, insya Allah.

0 komentar:

Cari Blog Ini

Google+ Followers

 

Life Of A Mom and A Wife Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez