13/08/12

Zhafi dan Sekolah Barunya

Tahun ajaran ini, umur Zha 5,5 tahun. Berarti masih masuk kategori TK B.

Ngomongin TK, Zha pindah sekolah dari TKnya yang dulu ke Sekolah Alam Tangerang. Alasannya...pengen cari sekolah yang bisa mengakomodasi kebutuhan-kebutuhannya di usia ini, yg mungkin kurang didapat dari rumah dan dari sekolahnya yang dulu. Terutama mengembangkan ketrampilan bersosialisasinya. Di sisi lain juga supaya potensi bakat dan minatnya bisa dioptimalkan sedemikian rupa.

Zha itu kan yang paling keliatan hobi gambarnya. Dia itu bisa bikin gambar yang lengkap dengan detilnya, terutama kalau nggambar kendaraan dan alat berat. Dia bisa bikin sampai hal-hal yang kecil yang kita ngga pernah perhatikan. Memang spesifik kendaraan dan alat berat sih.

Di sisi lain, anaknya masih kurang bisa bersosialisasi. Kurang inisiatif untuk memulai pertemanan. 

Di sekolah yang lama, kegiatannya akademis banget. Dengan penataan ruang kelas gaya klasikal ala anak kuliah, jumlah siswa 23, sementara gurunya 2 ngajar di depan pake papan tulis, lalu anak dapet buku paket latihan menulis dan berhitung, dan sistemnnya klasikal dan monoton, makin mengubur potensinya untuk bisa berteman, makin mempersempit kesempatan dia untuk berinteraksi. Waktu istirahat, anak2 main diluar, dan Zha jadi pengamat aja...ngga ikut main.

Akhirnya setelah cari-cari info sekolah alternatif, dan kebetulan dari sejak dulu aku udah denger yang namanya Sekolah Alam, tapi aku cuma tau adanya di Ciganjur. Sempett survey ke sana, dan ngajak ayahnya tinggal di sana. Sampai si Ayah udah cari-cari rumah di sana. Tapi...hitung punya hitung...kuat ngga kami secara finansial dan waktu. Ciganjur jauh dari kantor ayah, trus dana untuk beli rumah dan biaya sekolahnya ngga main-main. Sempat pesimis ngga bisa nyekolahin Zha di sekolah alam yang diharapkan.

Alhamdulillahhh...stlh pasrah...malah nemu info Sekolah Alam yang lokasinya masih terjangkau dari kantor Ayah. Dan biayanya juga masih terjangkau, baik dari segi tempat tinggal dan biaya sekolah. Bismillah...kami akhirnya daftarkan Zha di sana, cari rumah, dan beginilah sekarang jadinya... :)

Sebelum masuk ada yang namanya Multiple Intelligence Research. Jadi ada pengamatan dan penilaian kualitatif tentang kecerdasan siswa. Ternyata, dari 7 kecerdasan majemuk, Zha (seperti sudah kuduga) punya skor yang paling tinggi di kecerdasan spasial (cerdas gambar), diikuti dengan kecerdasan naturalis (cerdas alam) dan intrapersonal (cerdas diri). Artinya, UNTUK SAAT INI, dia sangat berminat sama spasial, alam, dan merenung. Jadi, kalau kita mau mengalirkan informasi ke dia, paling efektif dengan cara melalui gambar, atau belajar di alam, dan melalui dialog2 tentang diri dan lingkungannya. Tapi dominasi kecerdasan ini ga permanen, bisa berubah tertgantung stimulus dari lingkungan yang membentuknya. So, bisa aja tahun depan, skor tertingginya berbeda.MIR tadi untuk gambaran buat gurunya tentang potensi anak.

Di sekolah ini...orangtuanya, khususnya aku juga ikut belajar. Ada pertemuan rutin orangtua dan murid, dan ada penanaman tentang konsep parenting, dan bagaimana bunda-bunda guru memfasilitasi 'teman2 kecil' selama di sekolah. Dan itu menginspirasi orangtua untuk juga melakukan hal yang sama di rumah.

Sejauh ini, aku bersyukur punya kesempatan menyekolahkan Zhafi di sekolah itu. Dan bersyukur...Allah memberikan jalan ini terasa lebih ringan, walau tidak mudah.

Cerita tentang hari pertama sekolah bisa dilihat di sini

Tidak ada komentar:

Menuju Cerdas Finansial

Mendapatkan badge Cerdas Finansial ini bukan lantas Ibuk memang punya kecerdasan finansial yang tinggi. Masih sangat jauuh dari itu. Masih b...