06/02/18

Tahapan Hanan Belajar Mandi Sendiri

Tahapan Hanan Belajar Mandi Sendiri

Mengajarkan Hanan untuk mandi sungguh suatu hal yang sangaat menantang. Sejak 1,5 tahun lalu Ibuk sudah mengajak Hanan untuk belajar mandi sendiri. Tantangannya adalah pada fokusnya. Masuk kamar mandi ada saja yang dimainkan. Air dicipratin kemana-mana, berlama-lama di kamar mandi, yah... Instruksi dan cara-cara mandi harus berulang-ulang kali disampaikan. Dan sebagainya lah.

Ada fase, Ibuk ngga sabar dengan ketidakfokusannya dan menyerah. Ibuk mandikan lagi, Ibuk sabuni, menggosokkan badannya...

Tapi, setelah itu kami insyaf, kembali lagi menetapkan Hanan harus segera bisa mandi sendiri. Sekarang ini, alhamdulillah, walau masih sering tidak fokus, tapi sudah mulai terpola. Masih belum benar-benar mandiri, tapi paling tidak langkah dan cara mandi yang disampaikan sudah terekam dengan baik dan dilakukan dengan lebih baik.

Semoga bulan depan, Hanan sudah benar-benar bisa mandi sendiri tanpa dibantu.

Buang air kecil sudah bisa sendiri, sekarang sedang belajar prosedur buang air besar. InsyaaAllah bulan berikutnya sudah tidak dibantu lagi.

Tidak ada komentar:

Hari-hari Bersama OAT

Sudah sejak bulan Mei aku akrab dengan OAT alias obat anti tuberkulosis. Sejak Fariha divonis positif TB, rutinitas bertambah setiap pagi. S...