30/05/10

Kunci Meraih Rezeki


Dalam sebuah buku yang sangat menginspirasi, yaitu tentang meraih Kunci Rezeki, disebutkan ada langkah-langkah yang perlu ditempuh untuk bias memperoleh rezeki yang melimpah serta diberkahi Allah SWT.

Langkah-langkah tersebut adalah
1. Berdoa
Allah SWT banyak memerintahkan hamba-hambanya untuk berdoa dan memohon padaNya, dan menjauhkan diri dari sikap sombong. Berdoa merupakan ibadah yang paling mudah dilakukan dan memiliki banyak manfaat bagi yang melakukan. Berdoa dengan sungguh-sungguh dan Allah menjanjikan akan memperkenankan doa hambanya.
Seperti yang dijanjikan Allah dalam Qur’an surat Ghafir ayat 60:
“Dan Tuhanmu berfirman, ‘berdoalah kepada-ku niscaya aka Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-ku (berdoa padaKu) akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina”

2. Beristighfar
Istighfar hakikatnya adalah memohon ampun kepada Allah dengan perkataan dan tindakan. Ini berarti seorang hamba Allah yang berucap astaghfirullahal adzim saja tanpa disertai perbuatan sama saja dengan berdusta. Perbuatan apa saja yang dimaksud, terkait dengan pengertian bertobat. Tapi mari kita perdalam sedikit beberapa dalil yang menyebutkan kaitan beristighfar dengan rezeki yang melimpah dan barakah dari Allah. Dalam al Qur’an Surat Nuh ayat 10-12, Allah berfirman:
“Maka aku katakan kepada mereka ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yanglebat, memperbanyak harta dan anak-anakmu, mengadakan untukmu kebun-kebun, dan sungai-sungai”.

3. Bertobat
Bertobat mengandung arti menjauhkan diri dari dosa karena keburukannya, menyesali dosa-dosa yang telah dilakukannya, dan bertekad kuat untuk tidak mengulangi dosa-dosanya. Ditambah juga melakukan sesuatu tindakan untuk mengganti dosa yang telah dilakukan dengan tindakan kebaikan.

4. Bersyukur
Selalu kita mendengar nasihat semakin banyak kita bersyukur, semakin banyak Allah memberikan nikmat dan rezeki yang barakah kepada hambanya. Mengucapkan alhmadulillah adalah langkah yang sangat mudah untuk menunjukkan rasa syukur kita. Nabi pernah bersabda, bahwa lafaz alhamdulillah itu memenuhi timbangan amal kebaikan. Namun perlu diiringi juga dengan kesungguhan hati meyakini bahwa semua yang kita dapatkan itu datangnya dari Allah, kendati kadang kita tidak merasakannya.

Bersyukur, selain diucapkan secara lisan, diyakini sesungguhnya dalam hati, juga perlu ditampakkan dengan perilaku, yaitu dengan menggunakan anggota badan kita untuk hal-hal yang diridhai Allah, dan mencegahnya dari hal-hal yang dimurkai Allah. Ibadah bersyukur menjadi lebih sempurna dengan bersikap qanaah terhadap rezeki yang telah diperolehnya, sehingga seseorang akan semakin diberkahi dan dilimpahkan rezekinya, dan ia akan menjadi orang yang paling bersyukur.dan menghargai nikmat Allah sekecil apapun.

5. Beriman dan bertaqwa
Beriman berarti berucap secara lisan, yakin secara hati, dan beramal secara gerakan badan. Sedangkan bertaqwa, artinya menjaga jiwa dari perbuatan yang membuatnya berdosa, dengan cara meninggalkan segala larangan, menjalankan ketaatan kepadaNya, dan menjauhi kemaksiatan terhadapNya.

Dengan bertaqwa, Allah akan membalas dengan 2 kebaikan, yaitu:
- Allah memberikan jalan keluar baginya untuk segala kesulitan yang dihadapinya,
- Allah memberikan rezeki dari sumber yang tidak disangka-sangka.

Sumber gambar:
senandunghidup.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Grab Your Imagination #10

Zafir ingin ikut program tahfidz untuk mengisi liburan. Ibuk meminta Mas Zafir untuk memperhatikan kembali adab menuntut ilmu. Kalau kita di...