13/02/09

7 Steps For Succes

Guys...
Sebenernya siapapun bisa mencapai kesuksesan yang diimpikan. Ada 7 langkah yang bisa mengantar kita menuju kesuksesan:

1. Dream it
Ya...semua berawal dari mimpi. Apapun yang kita lakukan, tidak akan bermakna apa-apa jika kita tidak memulainya dengan impian. Jangan takut bermimpi...mimpi ga bayar ini :). Buat mimpi yang setinggi mungkin yang kayanya bahkan ga mungkin di capai. It's ok. Pokoknya bermimpi. Apa saja..... Cerita tentang Thomas Alva Edison dengan penemuannya, BIll Gates dengan Microfsoftnya, semua itu berawal dari mimpi. Dan thanks to them, karena mimpi mereka itu pula, kita bisa mendapatkan manfaatnya. Jadi mimpilah...dan yakin deh, apa yang kita impikan itu, selain buat kebaikan kita sendiri, pasti juga berdampak positif buat orang lain. Minimal orang-orang di sekitar kita.


2. Believe it
Yakini dengan sepenuh hati, bahwa kita bisa mencapai impian itu, walau cuma setingkat di bawahnya. Tapi yakin aja deh...kita pasti punya kemampuan untuk mencapainya. Kalau kita mimpi pengen bisa travelling keliling Eropa, tapi belum-belum udah mikir...duh...ga mungkin banget deh kayanya. Nah...udah yakin deh memang ga bakalan kecapai deh tu mimpi.

3. See it
Buatlah mimpi itu seolah-olah ada di depan mata. Misalnya bermimpi pengen kuliah atau sekolah di Belanda...kumpulinnn deh tuuu semua gambar-gambar negeri kincir angin itu. Mimpi pengen bisa bikinin sekolah gratis buat anak-anak ga mampu....minta tolong temen yang calon arsitek bikin design gedungnya, hehe....(kalau arstitek beneran mah...nanti yak).


3. Tell it
Banyak yang bilang, kalau punya impian atau cita-cita, ga usah cerita-cerita ke orang lain. Nanti kalau ngga tercapai kita bakal diketawain. Justru...dengan kita cerita sama orang lain, kita terdorong untuk mewujudkan 'omongan besar' kita itu.

4. Plan it
Nah....jangan cuma berhenti di situ. Kita harus merencanakan langkah-langkah yang perlu untuk mencapai mimpi itu. Tuliskan serinci mungkin. Misal, kendaraan apa yang bisa kita pakai untuk mencapai impian kita travelling ke luar negeri, bisa dapat penghasilan walau di rumah sambil melihat pertumbuhan buah hati setiap harinya, bisa ngebiayain sekolah S2 kita atau pasangan, atau sekolah anak kita di luar negeri, bisa mnedirikan sekolah gratis buat anak-anak terlantar, anything....
Kalau udah ketemu kendaraannya apa, trus....mulai deh bikin action plannya yang perlu dilakukan apa aja.

6. Do it
Laksanakan rencana kita. Laksanakan semua tindakan yang mengarah pada tujuan kita. Konsisten dan fokus. Dua hal ini yang paling dibutuhkan untuk bisa berhasil mencapai tujuan. Apapun tujuan itu.

7. Celebrate it
Apapun pencapaian kita, rayakanlah.... Bukan berarti kita berpuas diri, tetapi kita perlu menghargai hasil dari usaha kita.

Intinya, sih....apapun kesuksesan yang kita inginkan, semua itu ngga ada yang ngga mungkin. Yang membuatnya menjadi ngga mungkin adalah pikiran kita sendiri. Ada satu quote yang aku suka banget:

"kebanyakan "fakta" adalah khayalan terselubung, terutama fakta-fakta yang telah kamu terima mengenai dirimu sendiri".

Artinya...kita pasti bisa deh! :)

Tidak ada komentar:

Menuju Cerdas Finansial

Mendapatkan badge Cerdas Finansial ini bukan lantas Ibuk memang punya kecerdasan finansial yang tinggi. Masih sangat jauuh dari itu. Masih b...