17/09/17

Melatih Kecerdasan Financial Day #2

Melatih Kecerdasan Financial Day 2

Si Sulung,  Zhafir, sejak beberapa bulan terakhir ingin sekali punya kamera. Awalnya Ibuk merasa Zhafir sepertinya banyak keinginan dan kemauannya. Karena jauh sebelum ini, Zhafir ingin dibelikan peralatan memanah.

Tapi setelah melihat minatnya di bidang fotografi dan videografi, Ayah dan Ibuk setuju membelikan kamera, hanya saja harus ada tambahan dari tabungannya sendiri.

Sebelum Ayah dan Ibuk benar-benar membelikan kamera, Ibuk minta Zhafi membuat list tentang kebutuhan dan keinginan. Lalu membuat semacam proposal kenapa harus membeli kamera.

List kebutuhan dan keinginan yang dibuat Zhafi hasilnya seperti ini:

Kebutuhan:
Jam tangan
Kamera

Keinginan:
Peralatan memanah
Jam tangan dengan fitur penunjuk cuaca,  suhu udara,  dsb.

Penjelasannya seperti ini:
Jam tangan sebagai kebutuhan karena Zhafi pergi pulang sekolah naik angkot. Seringkali tidak tahu persis jam berapa ketika berada di jalan. Dan harus pergi ke tempat yang ada jamnya.

Ibuk setuju belikan jam tangan yang harganya tidak perlu mahal. Ketika Zhafi meminta jam tangan dengan fitur tambahan, itu sudah bukan kebutuhan lagi tapi keinginan.

Kamera jadi kebutuhan karena sekarang Zhafi punya minat di fotografi. Selama ini Zhafi pinjam kamera HP Ibuk yang mungkin kurang leluasa baginya bereksplorasi. Walau pengambilan gambarnya cukup bagus menurut Ibuk. Jadi,  okelah kalau memang kamera masuk sebagai daftar kebutuhan.

Peralatan memanah untuk saat ini masih masuk sebagai daftar keinginan. Karena belum aktif lagi di kegiatan memanah setelah terakhir mengikuti kegiatan memanah di kelas 3 lalu.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Tidak ada komentar:

Hari-hari Bersama OAT

Sudah sejak bulan Mei aku akrab dengan OAT alias obat anti tuberkulosis. Sejak Fariha divonis positif TB, rutinitas bertambah setiap pagi. S...