19/12/18

Kebiasaan dan Rutinitas Hanan

Beberapa hari terakhir ini bahagia hatiku, karena perkembangan perilaku Hanan. Masyaa Allah.

Pola rutinitas mulai kebentuk dan sejauh ini dia bisa mengikuti. Cukup baik lah dan menunjukkan kemajuan yang cukup baik menurutku, untuk ukuran Hanan.

Rutinitas Harian Hanan
Berikut ini rutinitasnya Hanan:

Pagi
Sholat subuh di musholla, lanjut main sepeda, mandi, dan Bersiap ke sekolah. Berhubung ini udah masuk musim liburan jadi agak santai. Sehabis mandi dan sarapan bisa main lagi. 

Siang 
Pulang sekolah, Hanan belajar di rumah atau les Bimba kalau pas lagi jadwalnya. Kalau pas libur gini, bisa ikut sholat dhuhur di musholla atau di mesjid. 

Sore
Sholat Ashar di musholla, mandi trus main. Atau kebalikannya. Kalau ngga ya, aku ajak aktivitas lagi di rumah. Menjelang Maghrib udah kuajak untuk makan malam. 

Malam
Sehabis sholat Maghrib, kuajak ngaji setelah itu belajar. Ngerjain PR Bimba atau PR sekolah, atau ngerjain lembar printable. Setelah sholat isya, kalau masih seger belum ngantuk, lanjut belajar. Kalau udah ngantuk, persiapan tidur dimulai. Sikat gigi, BAK, lalu berdoa sebelum tidur. 

Tentang sholat, ngaji, dan belajar, memang ngga selalu lancar tiap hari. Ada masanya gampang untuk diajak, ada masanya dibujuk dulu, ada masanya mogok tapi pada akhirnya aku upayakan untuk tetap dilakukan. Supaya terbangun jadi kebiasaan baik, dan ngga terbiasa mogok kalau lagi ngga mood. 

Nah ini PR ibunya juga untuk tetap konsisten dan Istiqomah. 

Sholat Subuh di Musholla
Alhamdulillah, 2 hari ini Hanan berangkat sendiri dengan kemauan sendiri untuk sholat subuh di musholla. Padahal aku bangunin Zhafir, yang bangun duluan Hanan. 

Yang bikin hati bahagia itu, untuk sholat Maghrib dan Isya, Hanan sudah ngga terlalu sulit lagi untuk diajak sholat. Malah beberapa hari yang lalu, Hanan yang ngajak duluan. Masyaa Allah... 

Cuci Tangan Sebelum Makan
Bentuk kebiasaan lain yang bikin hati adem karena sepertinya udah terbentuk adalah kebiasaan cuci tangan sebelum makan. Kalau ingat dulu mencoba bangun kebiasaan ini lumayan bikin tarik urat. Alhamdulillah sekarang tinggal diingatkan sekali aja. Malah kadang-kadang udah dilakukannya dengan kesadaran sendiri. Begitu juga kebiasaan membaca basmallah setiap mau minum dan makan. 

Yang masih on progress adalah membiasakan berdoa sebelum tidur, keluar rumah, dan masuk kamar mandi. Hanan udah tahu harus berdoa sebelum tidur, tapi masih banyakan lupanya. 

Hingga hari ini, aku sangat bersyukur atas semua itu. Semua terjadi atas kehendak Allah... Semoga semakin hari semakin banyak lagi kebiasaan baik yang tertanam di dirinya. 

Tidak ada komentar:

Hari-hari Bersama OAT

Sudah sejak bulan Mei aku akrab dengan OAT alias obat anti tuberkulosis. Sejak Fariha divonis positif TB, rutinitas bertambah setiap pagi. S...